Kata Pengantar

Kopi Nusantara, tepat sekali, mungkin tidak berlebihan saya menggunakan kata kata tersebut, karena kopi di negara kita benar benar kaya, bahakan setiap kota punya cirikhas rasa maupun penyeduhan.

Tujuan saya menulis blog ini adalah berbagi cara penyeduhan manual maupun menggunakan mesin, sedikit membagi tips ringan tentang kopi, review karakteristik biji kopi..

Oh ya, kata orang orang sih "tak kenal maka tak sayang", izinkan saya mengenalkan diri, nama saya Muhammad Andika Zakaria Putra biasa dipanggil dika, teman akrab dan sahabat sahabat saya memanggil saya paidjo (entah kenapa panggilan itu melekat pada diri saya) saya bekerja sebagai Administrasi di sebuah perusahaan firma percetakan, dan pekerjaan lepas saya adalah desainer grafis dan fotografer, kendaraan saya vespa setengah tua (alasan saya menamai alamat blog ini, mungkin hahahaha)

Saya suka menikmati alam, saya suka menikmati kopi, saya suka naik vespa, saya juga suka main musik (khususnya gitar dan beraliran blues), dan saya suka membaca buku.

Okee, saya kira perkenalan diri saya sudah cukup. Saya ingin mengenalkan anda pada Kopi Nusantara. Mungkin banyak dari kita para penikmat kopi yang hanya sekedar minum tanpa tahu jenis farietas kopi yang kita minum.

di Indonesia dan di seluruh dunia ada dua farietas kopi,

Pertama adalah Robusta, ya kopi farietas ini yang sering dinikmati oleh masyarakat Indonesia, tumbuhan kopi ini bisa ditanam dibawah 1.200MDPL, dalam satu tahun bisa dua kali panen, kadar asam rendah dan kadar kafein yang sangat tinggi, rasanya dominan gurih dan tajam, Yaaa kopi farietas ini mudah ditemukan di warung warung, seperti Ka*al api, kopi Y*, dll.

Kedua adalah farietas Arabica, hanya bisa tumbuh di atas 1.200MDPL, dalam satu tahun hanya satu kali panen, kadar asam tinggi, kadar kafein 1/3 lebih rendah dari farietas robusta. Rasanya dominan asam, gurih, segar. Kopi semacam ini bisa kita temukan di cafe cafe, itu pun biasanya masih di campur dengan kopi robusta ( coffee blend ).

Negara kita kaya akan karakteristik rasa kopi, mulai dari aceh ( yang paling terkenal adalah kopi daerah gayo ) sampai papua ( mungkin wamena ), sebagai warga negara yang baik kita harus setidaknya mengenal kopi dari negara kita. hehehe.

Tunggu tulisan saya berikutnya.

Sekian dulu perkenalan dari saya dan Kopi Nusantara.

Salam Kopi Nusantara.

Sam Djo

No comments:

Post a Comment

Instagram

Adv