Rasa dan Aroma

Flavor Profile adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kesan rasa kopi secara keseluruhan. Flavor Profile pada kopi terdiri dari Aroma, Sweetness, Acidity, Mouthfeel and Aftertaste. Masing-masing aspek pendukung Flavor Profile pada kopi merupakan terjemahan dari indra penciuman, indra perasa, dan gabungan kesan antara kedua indra tersebut. Dalam dunia kopi, Flavor Profile berarti Kepribadian Rasa Kopi.
Dalam perkembanganya, Kepribadian rasa kopi dinilai dengan menggunakan Cupping Form. Cupping form adalah lembar penilaian yang berisi Fragrance/Aroma, Flavor, Acidity, Body, Aftertaste, Uniformity, Balance, Sweetness, Clean cup, Overall, Defects.

AROMA
Fragrance adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan wewangian yang dikeluarkan oleh bubuk kopi saat digiling dan/atau sebelum diseduh. Fragrance yang tercium pada bubuk kopi kering berkisar dari harum bunga beraroma manis, hingga wangi rempah pedas beraroma manis.
Dalam bahasa kopi, istilah Fragrance digunakan untuk menggambarkan wewangian dari sesuatu yang tidak dapat dikonsumsi secara langsung atau tidak dapat dikonsumsi sama sekali. Misal: bunga melati, kayu manis, barus, kemenyan, dll.
Aroma¹ adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan wewangian yang dikeluarkan oleh bubuk kopi sesudah diseduh. Aroma¹ pada kopi merupakan presentasi wewangian yang dihasilkan dari tingkat sangrai yang digunakan untuk menyangrai biji kopi.
Berdasar pada tingkat sangrai biji kopi, Aroma¹ dibagi menjadi tiga: Enzymatic pada tingkat sangrai light, Sugar Browning pada tingkat sangrai medium, dan Dry Distillation pada tingkat sangrai dark.
Dalam bahasa kopi, istilah Aroma¹ digunakan untuk menggambarkan wewangian dari sesuatu yang dapat dikonsumsi secara langsung atau dikonsumsi dengan diproses terlebih dahulu. Misal: jeruk, jagung atau coklat.
Dalam dunia kopi, Aroma¹ lebih berperan dalam membentuk Kepribadian Rasa Kopi daripada persepsi Rasa yang diterima lidah, mengingat lidah hanya dapat menterjemahkan rasa dasar yaitu Manis, Asin, Asam, Pahit dan Gurih. Sebagai contoh cobalah makan bawang putih sambil menutup hidung, maka terjemahan rasa akan berkurang atau berkisar pada rasa asam dan pahit.

Sam Djo

No comments:

Post a Comment

Instagram

Adv