VARIETAS KOPI DI DUNIA

Kopinya boleh sama hitam. Tapi siapa yang tahu bahwa biji kecil yang nikmat ini berasal dari varietas yang berbeda-beda.
Ada banyak sekali jenis kopi yang tersebar di seluruh dunia. Kopi-kopi ini dengan ajaibnya tumbuh dan berkembang dengan subur menjadi biji-biji yang memiliki ciri dan cita rasa yang berbeda-beda. Kopi ternyata tak sesederhana meneguk kenikmatannya dalam cangkir. Dan dalam artikel kali ini, Vespa barista akan memaparkan beberapa varietas atau jenis-jenis kopi yang ada di seluruh dunia.

Bourbon
Jenis kopi ini memberikan cita rasa yang manis, kompleks serta kehalusan yang menarik. This is a pinot noir of coffee. Tanaman jenis itu begitu rapuh dan tidak menghasilkan buah kopi sebanyak jenis kopi yang lain. Kopi Bourbon akan menghasilkan secangkir kenikmatan yang subur dan klasik. Bourbon juga sering disebut sebagai “kopinya kopi”. Sebuah inti sari dari kenikmatan dari tanaman bernama kopi dengan keunggulan jenis varietas yang langka.

Catimor
Jenis kopi yang satu ini mengambil unsur Robusta yang ada pada kopi-kopi dari daerah Timor. Keasaman kopinya sangat rendah sedangkan
bitterness yang ada padanya terkandung begitu tinggi. Jika diproses dengan baik dan benar Catimor akan memberikan after taste herbal yang mengasyikkan. Oh iya, juga sentuhan fruity pada
after taste -nya.

Catuai
Sama seperti Catimor, Catuai juga mengandung unsur kopi Robusta pada bijinya. Hal tersebut menyebabkan acidity yang ada padanya sangat rendah sedangkan bitterness terasa begitu kuat. Catuai tumbuh di daerah Timor dan bagian Timur Indonesia. Meskipun pahit, Catuai memberi after taste fruity and herbal flavor pada tiap seduhannya.

Jember
Pada varietas ini ditemukan sugar-browning notes
dari karamel, sirup maple dan gula merah. Jember seperti namanya tumbuh di Jawa Timur Indonesia dan melakukan perjalanan melalui India, Yamah hingga ke Ethiopia.

Caturra
Jenis kopi ini dbedakan dengan bright acidity dan
low-to-medium body. Jenis kopi ini pertama kali dikembangkan di Brazil. Tetapi pertama kali ditemukan di Kolombia, Kosta Rika dan Nikaragua. Jenis kopi ini memiliki pohon kopi yang kecil-kecil dan tidak terlalu besar. Biasanya tumbuh di daerah Amerika Selatan sekitarnya.

Colombia
Jenis kopi yang dikenal juga dengan nama Variedad Colombia. Pada kopi ini kamu akan merasakan classic caramel dan aroma cokelat yang dibawa dari sweet, bright dan full-bodied
yang dihasilkan bijinya. Tanaman kopi jenis ini menghasikan banyak sekali buah kopi (cherry) dan sangat tahan terhadap penyakit tanaman. Variedad Colombia juga banyak dikelola oleh perkebunan-perkebunan yang tidak terlalu besar.

Gesha
Kopi ini adalah varietas kopi ajaib yang seperti datang dari dimensi alternatif. It’s like a Szechuan peppercorn or the Sun Ra Arkestra , begitu kompleks dari dunia lain. Gesha adalah jenis kopi yang sangat pemilih. Tak ada yang tahu kapan dia tumbuh, di mana dia akan tumbuh dan bagaimana dia tumbuh. Dia memilih sendiri di mana, kapan dan bagaimana dia berkembang. Dia adalah sebuah varietas mengagumkan dengan a delicate, black-tea body dengan a zest of bergamot. Gesha biasanya hanya menghasilkan sedikit cherry, itu juga yang membuatnya eksluksif dan langka. Gesha tumbuh di Amerika Tengah.

Pacamara
Varietas yang memiliki flavor profile luar biasa dengan sweet citrus notes, balance yang mengagumkan serta floral aromas yang nikmat. Pacarama adalah varietas kopi unik dengan kualitas dan salah satu kopi yang menghasilkan
after tastes paling kompleks dari yang pernah ada.

SL28
Scott Laboratories (SL) adalah sebuah perusahaan yang dipekerjakan pemerintah Kenya pada 1930-an untuk mengembangkan varietas kopi yang kuat serta tahan akan kekeringan. SL gagal mengembangkan varietas kopi yang diinginkan pemerintah Kenya tapi berhasil menciptakan biji kopi nikmat dengan rasa sitrat yang intens, manis, seimbang serta kompleks.

SL34
Juga dikembangkan oleh Scott Laboratories. Varietas kopi yang satu ini benar-benar unggul pada medium-to-high altitudes. SL34 memiliki karakteristik yang kompleks dengan keasaman sitrat, heavy moutfeel, clean serta sweetness di
after taste -nya.

Tekisic
Varietas yang merupakan cabang dari Bourbon. Tekisic menghasilkan rasa yang luar biasa dengan keasaman berlapis dan heavy mouthfeel. Jenis kopi ini membawa rasa manis yang sangat intens. Rasa yang dibawanya lebih mengarah ke aroma karamel dan gula merah.

Typica
Varietas kopi yang satu ini adalah sesepuh dari semua varietas kopi. Kopi Arabika Typica telah tumbuh, dihibridisasi dan disempurnakan selama berabad-abad. Kualitas disetiap cangkirnya umumnya sangat baik. Typica merujuk pada rasa manis yang luar biasa dengan cleanliness dan
body sama baiknya.

Ethiopia Heirloom
Kopi yang satu ini memiliki keindahan yang misterius. Ethiopia Heirloom adalah termasuk ke dalam varietas wildflower yang diturunkan dari hutan alami penuh kopi di bagian Barat Daya Ethiopia. Setiap desa di di daerah ini memiliki jenis-jenis kopi mereka sendiri yang secara turun temurun berabad-abad silam dibentuk oleh tanah, ketinggian dan cuaca.

Villa Sarchi
Jenis kopi ini adalah mutasi dari Bourbon yang memiliki acidity elegan, fruit tones yang intens serta sweetness yang mengagumkan. Pertama kali ditemukan tumbuh di Sarchi, sebuah kota di Kosta Rika. Pohon kopi jenis ini sangat kokoh, sehat dan menjadi pilihan utama bagi perkebunan organik.

Villalobos
Varietas ini adalah cabang dari keluarga Typica yang halus, floral dan kadang-kadang memiliki rasa citrus yang segar. Varietas ini dibawa ke Indonesia pada akhir 1600-an oleh pedagang asal Belanda. Varietas ini memberikan nuances and high fine acidity yang digemari penikmat kopi. Villalobos juga dikenal luas karena memiliki rasa yang kuat dari buah-buahan seperti apricot, persik dan plum.

Tim-Tim
Varietas jenis ini merupakan hasil persilangan antara Kopi Arabika dengan varietas kopi lainnya dengan tujuan untuk mendapatkan ketahanan pennyakit, karena secara umum kopi arabika kelompok pertama dan kedua sangat rentan terhadap berbagai serangan hama dan penyakit dibanding kopi varietas lain seperti robusta atau liberika, Persilangan  Kopi Arabika dengan Robusta melahirkan jenis kopi Tim-tim (sekarang Timor Leste) dan Arabika-Robusta (Arobusta) yang berasal dari Afrika.

Lini S
Verietas jenis ini merupakan Persilangan kopi Arabika dengan Kopi Liberika menghasilkan kopi Lini S-288 (India), di negara-negara penghasil kopi yang lain banyak juga dilakukan persilangan-persilangan antar berbagai varietas kopi. Persilangan  kopi Arabika dengan varietas lain tersebut menghasilkan kopi dengan  kualitas hampir seperti kopi Arabika kelompok pertama dan masih mewarisi ketahanan penyakit dari kopi Liberika.

Quillou
Pohon tegap, cabang primer panjang dengan arah pertumbuhan mendatar, dan ujung agak melengkung kebawah. Daun agak sempit dan panjang dengan permukaan berombak. Buah matang berwarna merah jernih dan bergaris. Produksi tinggi pada tahun pertama, tapi setelah itu menurun cepat. Contoh klon Quill 121.

Uganda
Cabang primer lemah dengan bagian ujung agak melengkung ke atas seperti membentuk huruf S dan tahan lama.  Daun kecil dan sempit, helainya agak menutup, dan permukaan daun berombak Buah mudah rontok dan mudah terserang hama bubuk. Sesuai untuk dataran tinggi (diatas 500 m dpl) Contohnya adalah klon Ugn 1, Ugn 2, Ugn 3-02. Dan ugn 2-08.

Canephora
Pohon banyak mengeluarkan cabang reproduksi. Daun sempit dengan permukaan berombak. Daun muda berwarna cokelat-kemerahan. Buah muda berwana cokelat-kemerahan. Mudah terserang penyakit HV. Bersifat self steril sehingga harus ditanam bersama klion lain.  Contohnya adalah kloin BP39, BP 42, SA 13, SA 34, SA 56, BGN 300, BGN 471.

Kape Alamid
yang berasal dari Filipina

Di atas adalah beberapa varietas kopi yang berhasil kami rangkum secara singkat dan sederhana. Sebenarnya masih banyak varietas pohon kopi yang belum kami ketahui datanya, seperti bergendal misalnya.

Jika kamu menemukan varietas kopi lain, silakan tambahkan pada kolom komentar dibawah ini ya. Selamat membaca!

Salam Kopi Nusantara


Sam Djo

No comments:

Post a Comment

Instagram

Adv