Body-Mouthfeel

Body-Mouthfeel adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kesan yang dirasakan oleh lidah dan mulut secara keseluruhan. Body-Mouthfeel terdiri dari Body dan Mouthfeel¹ itu sendiri.
Body adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan "Berat Cairan" seduhan kopi yang dirasakan oleh lidah. Body secara umum dibagi menjadi Heavy, Moderate, Thin dan Delicate (Berat, Sedang, Ringan dan Pecah).
Mouthfeel¹ adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan "Kesan Permukaan" cairan seduhan kopi yang dirasakan oleh mulut. Mouthfeel¹ secara umum dibagi menjadi Buttery, Creamy, dan Watery (Seperti-Mentega, Cream dan Air). Selain itu, "Kesan Permukaan" lain seperty Velvety, Silky, Syrupy dan Sticky (Seperti-Beludru, Sutra, Seperti-Sirup dan Kesan-Lengket) juga awam digunakan untuk menggambarkan mouthfeel¹ pada cairan seduhan kopi.
Body dan Mouthfeel pada cairan seduhan kopi merupakan hasil dari Ekstraksi/Extraction. Ekstraksi merupakan akumulasi dari jumlah partikel dengan sifat tidak terlarut pada kopi yang disebut insoluble partikel. Insoluble Partikel terekstraksi dari bubuk kopi kering saat proses penyeduhan kopi.
Ekstraksi pada cairan seduhan kopi secara kasat mata terlihat pada warna-kepekatan cairan seduhan kopi.
-------------------------------
Dalam Bahasa Kopi, yang dimaksud dengan Rasa¹ atau Flavor¹ adalah gabungan dari terjemahan otak akan Aroma, Flavor, Aftertaste, Acidity dan Body-Mouthfeel yang muncul pada saat dan setelah cairan kopi diminum. Bersama-sama faktor-faktor tersebut memberi kesan kepada lidah yang kemudian diterjemahkan oleh otak sebaga Rasa dan Aroma kopi.

Sam Djo

No comments:

Post a Comment

Instagram

Adv