Konsistensi Rasa dan Keseimbangan Rasa

Dalam bahasa rasa dan aroma kopi, istilah Uniformity memiliki beberapa arti diantaranya;

Uniformity¹ adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan "Konsistensi Rasa" dari beberapa cangkir kopi yang terbuat dari seduhan biji kopi yang sama pada satu sesi Cupping atau analisa rasa dan aroma.

Uniformity² adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan "Konsistensi Rasa Berkelanjutan" dari hasil seduhan biji kopi, ketika biji kopi tersebut telah di jual umum ke pasar.
Jadi bisa disimpulkan istilah Uniformity dalam bahasa rasa dan aroma kopi berarti Konsistensi rasa dan aroma kopi yang berkelanjutan walaupun biji kopi tersebut sudah keluar dari lingkungan asal nya atau dijual secara umum
.
Dan untuk menjaga rasa dan aroma kopi yang konsisten, maka diperlukan kesadaran dan pengawasan mutu yang ketat mulai dari Petik, paska panen, sortasi, dan roasting, disamping faktor brewing dll.

Balanced adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan seduhan kopi dengan aspek keseimbangan, keharmonisan, dan keindahan rasa dan aroma.
Aspek pendukung Balanced dapat terdiri dari beberapa kategori rasa dan aroma positif pada kopi yang tidak saling menutupi satu dengan yang lain atau dikenal dengan istilah "Overhelming".
Pada beberapa kegiatan Analisa rasa dan aroma kopi, Balanced merupakan salah satu aspek penilaian tertinggi terhadap kualitas rasa dan aroma pada kopi.
Akan tetapi terdapat pendapat lain yang menyatakan bahwa kopi yang memiliki keseimbangan terhadap rasa dan aroma kurang "diminati" dikarenakan penikmat kopi lebih menyukai kopi dengan karakter rasa dan aroma spesifik yang menonjol seperti Citrus, Guava, Wine, dll.
Istilah Balance juga digunakan untuk seduhan kopi dengan sifat "Un-Uniformity".
Un-uniformity adalah seduhan kopi dengan rasa dan aroma yang tidak-konsisten atau tidak-sama namun masih berada dalam satu aspek yang sama dan berimbang.

Misal;
Cangkir pertama rasa Citrus nya lebih menonjol ketimbang Caramel dan Cangkir kedua Caramel nya lebih menonjol dari rasa Citrus. Bisa disimpulkan kopi tersebut "Balance" karena aspek Citrus dan Caramelnya masih nampak.

Sam Djo

No comments:

Post a Comment

Instagram

Adv