Sedikit Acuan Menyeduh Kopi

Air
Kualitas Air
Kualitas Air yang baik secara kasat mata berwarna bening dan tidak berbau. Lebih dalam lagi air yang baik mengandung total logam tidak terlarut atau total disolve solid yang rendah. Tingkat kandungan logam tidak larut dalam air bisa diukur dgn Rectometer.

Suhu
Suhu air yang disarankan untuk menyeduh kopi berkisar antara 80°-96°C. Namun tidak usah terlalu jadi patokan. Pengalaman dan eksperimen yang anda lakukan lebih bisa digunakan sebagai tolak ukur dalam membuat secangkir kopi yang baik.

Biji Kopi
Kualitas Biji Kopi
Ada banyak acuan yang digunakan untuk merujuk seperti apa biji kopi yang baik, mulai dari keseragaman bentuk, berat jenis dan ukuran, cacat fisik hingga tingkat kematangan saat panen, Metode pengolahan paska panen, Tingkat roasting, Usia roasting dll. Faktor – faktor tersebut memang penting, namun hal yang paling penting dari itu semua adalah kemampuan barista dalam menggali potensi dari biji kopi tersebut.
*setiap kopi memiliki potensi untuk bisa lebih dan lebih baik lagi dan andalah yang menentukan hal itu.

Ukuran bubuk kopi
Secara garis besar keseragaman ukuran partikel bubuk kopi sangat disarankan untuk keberhasilan proses brewing dan memperoleh konsistensi rasa pada kopi. Saya pribadi lebih memilih menggunakan kombinasi ukuran partikel bubuk kopi dalam pembuatan kopi tubruk dan beberapa metode brewing lain dengan tujuan memperoleh kombinasi rasa dan aroma yang saya ingin hasilkan.

Rasio
Rasio atau perbandingan jumlah bubuk kopi dan air
Rasio atau perbandingan jumlah bubuk kopi dan air pada beberapa metode brewing seperti Mesin Espresso manual atau yang menggunakan Portafilter sebagai moda takar bubuk kopi memang baku, tapi untuk metode brewing lain seperti Kopi Tubruk, V60 dsb, rasio antara air dan bubuk kopi bebas saja, buat saya “there is No such thing called ‘Perfect Ratio’ .. ‘tidak ada rasio yang sempurna’ dalam membuat secangkir kopi .. ”
*Standar Kopi Enak itu cuma ada 2, Enak kata yang Buat dan Enak kata yang Beli.
Tapi tetap, ketika anda sudah menemukan Rasio ‘ideal’ anda sendiri dgn tujuan komersil anda harus konsisten atau lebih dan lebih baik lagi.
(Tanpa mengesampingkan faktor costing)

Peralatan
Hal yang paling penting dari peralatan adalah kebersihan, kelayakan serta fungsinya sebagai pendukung terciptanya secangkir kopi yang baik.

Sam Djo

No comments:

Post a Comment

Instagram

Adv