Cascara ( Teh dari cerinya kopi )

Halo para penyeduh kopi, saya kembali, setelah lama tenggelam dalam rasa malas menulis, langsung saja kita bahas buah atau kulit kopi yang sudah di keringkan ini,



Apa itu Cascara?
Cascara adalah buah atau kulit atau ceri dari kopi yang sudah dikeringkan, biasanya diseduh layaknya teh tubruk.

Bagaimana rasanya?
Tentunya cascara ini beragam rasa seperti kopi. berbeda daerah, berbeda ketinggian, berbeda juga rasanya, yang saya coba Cascara dari pegunungan Raung, cascara ini hasil pengeringan dari proses pasca panen semi wash, dan dikeringkan langsung dibawah sinar matahari. Menurut saya rasanya seperti teh rosella tapi tidak se-asam rosella dan lebih manis dari pada rosella.

Apa manfaat Cascara?
Manfaat Cascara menurut hallosehat.com adalah sebagai obat pencahar untuk sembelit, serta pengobatan untuk batu empedu, penyakit liver, dan kanker. Tetapi belum ada penelitian lebih lanjut untuk dosis hingga bisa menjadi obat penyakit tersebut. Untuk saat ini banyak dijual dalam bentuk suplemen diet, mungkin bagi teman teman penyeduh bisa mencoba menu diet alternatif ini.

Adakah efek samping setelah meminum Cascara?

Cascara dapat menyebabkan beberapa efek samping termasuk:
  • mual, muntah, diare, kram perut, ketergantungan pencahar
  • pada dosis tinggi dan penggunaan jangka panjang, cascara dapat menyebabkan pelunakan tulang (osteomalacia), darah dalam urin (hematuria), atau albumin dalam darah (albuminuria) yang menunjukkan aktivitas ginjal yang buruk.
  • vitamin dan mineral, ketidakseimbangan cairan dan elektrolit (pada dosis tinggi dan penggunaan diperpanjang)
  • urine dapat menjadi merah muda atau oranye.

Tetapi tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin saja ada efek samping lain yang tidak dicantumkan di sini. Atau mungkin saja tidak merasakan efek samping apapun.

Bagaimana cara menyeduh Cascara?


Jangan lupa di like & Subscribe ya 😁

Sam Djo

No comments:

Post a Comment

Instagram

Adv