Rocket R58 Sebuah Ulasan (Review)


Rocket adalah Mesin kopi buatan Milan Italia yang dulunya bernama Giotto, Sejak namanya Giotto pabrikan mesin kopi ini mungkin menggunakan salah satu ungkapan italia, "al buon vino non bisogna frasca" yang artinya produk bagus tidak perlu iklan berlebihan, yaaa namanya produk bagus pasti punya penggemarnya sendiri, seperti saya misalnya, silahkan baca sampai habis agar tahu, mungkin anda juga akan kepincut dengan mesin kopi ini.

Meskipun dikategorikan sebagai mesin rumahan tapi dari segi spesifikasi, mesin ini terlalu overkill (berlebihan untuk ukuran mesin rumahan) bahkan menurut saya untuk kedai-kedai kecil yang sibuk pun masih mumpuni, dengan harga (saat ini) 53jtan, anda sudah mendapatkan mesin kopi Rocket R58 ini yang sudah setara dengan mesin kopi komersial, seperti spesifikasi di bawah ini :

Dual Boiler, PID controller, opsi sumber air dari tangki atau sumber air eksternal, dengan total konsumsi daya listrik 1.400 watt

 

 

Desainnya yang simpel dan retro mungkin menambah estetika bar kopi anda, jika barista anda atau anda sendiri rajin membersihkan cipratan cairan apapun itu yang menempel di body mesin kopi ini. Jika tidak, kerak bintik-bintik air akan mudah membuat mesin kopi anda jadi buruk rupa, karena material dari mesin kopi ini adalah stainless


Dengan bobot bersih 30kg, mesin ini cukup bandel dan sangat praktis, karena mesin ini mempunyai dua boiler, anda bisa membuat Espresso dan steam susu secara bersamaan. Untuk masalah setting menyeting anda tidak perlu menggunakan alat pertukangan karena sudah dilengkapi dengan PID controller, tinggal pencet-pencet tombol, setingan yang anda inginkan mudah sekali tercapai, di dalam menu yang ada pada PID controller anda juga bisa memilih sumber air / water source, antara internal water tank (Tangki internal) yang berkapasitas 2,5liter atau external water source (Menggunakan pompa rotari yang bisa memompa air galon atau air kran yang terfilter langsung kedalam boiler).


Perlengkapan yang disertakan ketika anda membeli Mesin kopi Rocket R58 ini berupa dua buah portafilter, satu portafilter single spout, satu lagi portafilter double spout, dengan basket single dan double berdiameter 58mm, blind basket atau back flus, brush atau sikat pembersih shower screen, satu bungkus Espresso machine cleaning tablet, lap atau towel, dua lembar stiker, selang air braided (untuk external water source), selang pembuangan, sebuah temper berbahan alumunium, PID controller, Buku petunjuk dengan flashdisk, dan dua buah steam tip yang berukuran 1,5 dan 1,2 untuk mengurangi tekanan dari steam wand.


Mungkin sudah cukup detail saya menjelaskan tentang spesifikasi dan detail mesin kopi Rocket R58 ini, menurut saya mesin ini terlalu overkill untuk rumahan, selain double boiler dan pompa rotarinya, seperti saya tuliskan di atas mesin Rocket R58 ini lebih cocok untuk kedai kecil yang lumayan sibuk, dengan desain yang kompak, pasti ada yang dikorbankan, tray yang lumayan sempit agak susah menaruh timbangan digital agak besar, solusinya yaa menggunakan timbangan yang kecil. Selain tray yang lumayan sempit, double spout dari portafilter mesin Rocket R58 ini posisinya agak mepet dengan mekanisme pressure release valve, jadi perlu penyesuaian agar terbiasa. Oh iya, saya paling suka dengan tuas brewing nya, sangat satisfying. dan ketika saya mempunyai kedai kopi, mesin kopi pertama saya mungkin Rocket R58 ini.

 

Untuk masalah hasil Espresso tidak usah diragukan lagi, mesin Rocket R58 ini selalu memanjakan anda dengan memberikan hasil yang konsisten dari Espresso satu ke Espresso yang lain, bahkan akan tetap konsisten saat dibarengi dengan steam susu.


Jika anda tertarik untuk meminang mesin ini bisa menghubungi dealer resminya di kota Malang, Sukses Jaya, Jl Bandahara No. 7 Malang, HP/WA : 0811 3339 9544  Tel: 0341 575 120, atau hubungi lewat instagram @sj.coffee.









Sam Djo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ads

Instagram