Barista #1 Apa sih barista itu? Barista adalah

Halo rek, Baiklah, Tulisan berjudul Barista, tanda pagar dan angka adalah tulisan serial tentang pengetahuan dasar untuk menjadi Barista, cerita sedikit ya rek, beberapa minggu lalu aku ngerjain foto salah satu cafe besar di kotaku, sedikit resah melihat satu menu yang agak mengganggu, aku lupa nama menunya, yang jelas yaaa minuman yang lagi tren, ada lemon dipotong tipis kering yang mengambang diatas kopinya, penasaran dong, langsung tanya, kopinya pake double shoot mas? pake SKM juga? jawaban yang sangat mengejutkan dari baristanya adalah, "Pake doppio mas, ini SKMnya saya rebus lagi, ini diatasnya pake dried lemon" katanya, oooh jawabku menyahuti pernyataannya (doppio sama double shoot apa bedanya, SKM direbus lagi? dalam hati bertanya-tanya). Dengan berdasarkan kegelisahan tadi, aku nulis serial #MenjadiBarista ini, langsung ae wes ya, wes panjang lebar cerita’e. hehehe

Photo By : saya sendiri di Kopi Tujuh

Perkenalan

Tak kenal maka tak sayang, iya doong, mari kita bahaaas. Kata Barista berasal dari bahasa italia yang berarti seorang pria atau wanita Peracik minuman-minuman panas (seperti Espresso base), yang bekerja dibalik bar. (FYI : The native plural in English is baristas, while in italian the plural is Baristi ) Barista adalah pekerja ramah (Baca Juga : BARISTA IS THE ROCKSTAR OF THE HOSPITALITY INDUSTRY) di balik bar kedai kopi kesayangan kalian, menyuguhkan minuman favorit kalian sepanjang hari, Sebagai barista, Kalian harus membuat minuman secara super cepat dan harus sesuai standar kedai kopi tempat kalian bekerja. Kaliah harus menjadi Multitasker (Seseorang yang Melakukan beberapa pekerjaan dalam satu waktu) yang hebat, dan tidak boleh ada kesalahan sedikit pun, perfeksionis adalah sifat wajib yang harus dimiliki seorang barista. Ekspektasi orang datang ke kedai kopi tempat kalian bekerja adalah mendapat minuman favorit mereka dengan rasa yang terbaik, kebayang dong, seberapa kecewanya mereka ketika mendapati minuman favoritnya yang tidak sesuai ekspektasi.

Jadi segitu dulu ya rek perkenalannya, agar lebih kenal lagi selanjutnya kita akan berkenalan melalui sejarah perkopian duniawi, mulai dari ditemukannya kopi hingga sejarah cara mengonsumsi kopi, yaaa gak penting-penting amat sih, tapi setidaknya kalian tau, lumayan buat bahan obrolan sama orang yang suka duduk di bar, nemenin kalian kerja.

photo by : Mas Akha

Sam Djo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ads

Instagram